“Baru aku tahu, cinta itu apa…” Itu adalah sepotong lirik lagu dari lagunya Indah Dewi Pertiwi yang berjudul Baru Aku Tahu, Cinta Itu Apa. Nah, lalu apakah hubungannya Blogging dengan Cinta?

Agar bisa blogging, kita harus cinta kepada blog kita. Takut kehilangan pengunjung, takut kehilangan komentar yang bermanfaat bagi perkembangan blog. Banyak orang yang ngeblog untuk mencari penghasilan tambahan, atau istilah kerennya bisnis online. Tetapi, sebaiknya untuk permulaan, jangan berpikiran bahwa blog itu adalah mesin uang. Anggaplah blog itu seperti buku harian/diari atau sebagai catatan. Apabila anda masih pemula, sebaiknya jadikan ngeblog itu sebagai selingan atau untuk mencari uang jajan tambahan. Bukan dijadikan sebagai mata pencaharian utama. Beda soal jika anda sudah master, anda boleh-boleh saja mencari dolar dari internet.

Yang penting, jadikan blog anda sebagai tempat mencurahkan isi hati, unek-unek dan lainnya. Tak perlu terlalu memikirkan uang dari blog anda, karena blog bukanlah mesin uang, tetapi buku harian.