Tidak hanya bagi blog tutorial, tetapi juga pada jasa pembuatan widget.

Pada akhir 2 minggu lalu, Blogger melakukan perubahan besar-besaran pada dasbor-nya. Pada dasbor terdahulu ada tulisan “Tata Letak”. Tetapi, sekarang berubah menjadi “Rancangan”. Lihat gambar dibawah.

blunder blogger

Blunder yang dilakukan Blogger dengan merubah tab Tata Letak menjadi Rancangan.


Masalahnya, ya karena untuk mengedit template pada Blogger harus melalui link “Tata Letak”. Pada kebanyakan blog tutorial yang pembahasannya mengenai hias-menghias template, untuk mengedit template kita harus mengklik “Tata Letak”. Nah, jika ada user baru yang kebingungan memodifikasi blognya karena pada kebanyakan tutorial ditulis “Tata Letak”, sedangkan pada dasbor sudah berubah menjadi “Rancangan”, gimana? Nanti, bagaimana jika semua user baru menganggap kita semua salah? Kalau untuk user lama sih mungkin sudah paham bahwa itu hanya perubahan nama, tetapi untuk user baru yang belum pernah menggunakan internet sebelumnya dan mencoba membuat blog baru, gimana? Pasti mereka akan kebingungan setengah mati mencari tab “Tata Letak” itu. Dan anda yang membuat blog tutorial (seperti saya contohnya) bisa saja memperbaiki tulisan anda, tetapi rasanya tidak mungkin untuk mengedit semuanya.

Yang lebih parahnya lagi bukanlah hanya untuk blog tutorial saja, tetapi juga penyedia jasa widget (seperti shoutbox, hit counter, dll.). Biasanya mereka menyediakan opsi-opsi tertentu untuk menampilkan widget mereka, termasuk pada Blogger. Biasanya ada petunjuk untuk memasang widget ke Blogger. Nah, umumnya, pada petunjuk tersebut disebutkan bahwa yang akan memasang di Blogger harus menuju ke tab “Layout (Tata Letak)”, tetapi sekarang menunya sudah berubah menjadi “Design (Rancangan)”.

Ayo komplain ke alamat email dibawah ini dan semoga Blogger bisa lebih bail lagi kedepannya!
Generated by TxtNinja.com
Sumber: http://www.masdoyok.co.cc/2010/06/tata-letak-hilang-ada-dimana-layout-tab.html