Logo World Cup 2010Ajang sepakbola akbar 4 tahunan kini telah berakhir, dan yang menjadi juaranya adalah Spanyol. Menang tipis 1-0 atas Belanda membuat Spanyol menjadi piala dunia tahun 2010. Di negaranya Spanyol disambut dengan meriah.

Tapi Indonesia? Jangankan masuk piala dunia, piala asia pun sering kalah. Tetapi bukan berarti kita harus pesimis! Kita harus mengobarkan semangat empatlima yang membara, karena kita harus bisa, dan pasti bisa! Buktinya tim-tim yang tidak diunggulkan seperti Ghana, Korea Selatan atau Jepang mampu menembus babak 16 besar. Sedangkan, juara dan runner-up piala dunia 2006 malah menjadi juru kunci pada klasemen grup yang diikutinya. Itu bukti bahwa kesempatan menjadi juara itu sangat terbuka lebar.

Selama ini kita hanya menjadi penonton dari Piala Dunia. Kita menyaksikan ajang piala dunia di rumah, di kafe-kafe, di lapangan, di mal, dan di tempat umum lainnya. Padahal kita tidak melihat timnas kita bermain disana. Kita hanya melihat tim kesukaan kita berlaga disana, bahkan meskipun sudah haram, piala dunia tetap saja menjadi ajang taruhan.

Kita harus bebenah diri, jika ingin masuk ke Piala Dunia mendatang. Jika ingin menjadi tuan rumah piala dunia mendatang! Harus mau introspeksi diri, menelaah kekurangan dan mengembangkan kelebihan dan bakat yang kita miliki, jika kita ingin mendengarkan lagu Indonesia Raya berkumandang disana! Kita harus yakin dan terus berusaha! Jangan hanya NATO alias No Action Talk Only! Kita harus berbenah diri! Karena, “Tsamina-mina eh eh, waka-waka eh eh, tsamina-mina zangalewa, this time for Indonesia”! SEMANGAT EMPATLIMA!

Ngotot banget pidatonya:mrgreen: pokok’e semangat 45 dan jangan lupa share pendapat anda…