Pada langkah-langkah yang lalu saya sudah membahas tentang ID dan class dari CSS layout plurk. Sekarang kita coba untuk mulai membuatnya.

Pertama-tama anda harus membuat konsep terlebih dahulu. Misalnya, seperti apakah tampangnya, memakai gambar atau hanya sekedar memakai seni camuraduk warna? Jika memakai gambar, maka anda harus membuat gambar terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan photoshop, corel draw, paint, GIMP, up to you dah… Kalau sudah dibuat, diupload ke photohosting seperti ke Photobucket atau ke tinypic. Llalu, barulah saatnya anda mengustomasi layout anda.

Lalu bukalah dulu plurk anda, lalu klik Sunting disamping tulisan “Profil Saya”. Lalu pilih Penyesuaian Profil. Pertama-tama, anda tidak harus membuat perubahan pada seluruh layout anda. Satu persatu saja lah.

Untuk kumpulan ID dan Class bisa dilihat di cara membuat layout plurk sendiri #2 dan lanjutannya. Misalnya anda ingin mengubah background pada dasbor plurk, begini caranya:

#plurk-dashboard{
background:#FFFFFF
}

Lalu, simpan saja dulu. Dan lihat pada layout anda. Apakah sudah ada perubahan? Kalau belum maka ada kesalahan. Pperiksa dulu satu-persatu.

Untuk melakukan ini anda harus sabar dan ulet. Karena untuk membuat layout plurk membutuhkan waktu lama. Terus berusaha! Dan nantikan lanjutannya!!!