Anda pasti tahu banyak blog dengan tipe ini, ya maksudnya blog dengan konten berisi hal-hal unik di dunia, dari mulai gedung tertinggi di dunia, laut terdalam didunia, gambar-gambar unik di dunia, hingga orang makan rumput pun ada di sana. Tetapi kenapa saya menggugat blog jenis ini???

Pertama. Blog ini sebenarnya hanyalah blog copas dari berbagai blog dan forum, seperti kaskus atau forum kapanlagi, jarang saya menemukan blog berisi “hal unik di dunia” bikinan sendiri. Namun, biasanya mereka mencantumkan sumber dari artikelnya, namun tak jarang juga saya menemukan yang tidak dicantumkan link-nya.

Jadi jika anda mencari di Google dengan kata kunci seperti “orang makan tanaman”, “gunung tertinggi di dunia”, atau kata kunci yang lainnya yang berkenaan dengan hal unik di dunia, maka anda akan menemukan berjuta postingan disana.

Jadi seharusnya tak layak dipredikatkan sebagai “Hal unik di dunia” tetapi seharusnya “Hal basi di dunia”

Kedua. Biasanya di blog ini anda akan menemukan banyak sekali iklan, baik iklan di sidebar, bagian post, header, footer, atau bahkan iklan yang siap untuk “menyerang” kursor mouse anda. Jadi blog dengan konten ini biasanya hanya didedikasikan untuk mencari uang, bukan untuk berbagi.

Ketiga. Sepertinya anda itu plin-plan, sekarang bicara A, besok bicara B, besoknya lagi Z. Bedanya dengan blog multi konten itu ya, ada saatnya bicara A, ada saatnya bicara B, ada pula saatnya bicara Z. Kalau begitu, anda sepertinya tidak terarah dalam ngeblog!

Keempat. Karena biasanya artikel model ini kopas dari forum/blog lain, maka update blog seperti ini biasanya sangat cepat! Jika anda memfollow blog model ini dalam dasbor blogspot anda, maka anda akan menemukan banyak sekali post dari blog tersebut. Karena ya begitu mudahnya mencari sumber dari artikel, mereka tinggal copas dari forum, lalu besok, copas lagi, lalu besoknya lago, copas lagi, dan seterusnya…

Kelima. Biasanya blog seperti ini menggunakan auto content, sehingga mereka yang membuat blog seperti ini lambat laun menjadi pemalas!

Anda boleh setuju, anda boleh protes, namun saya hanya ingin kasih tahu: bahwa ngebloglah dengan pikiran anda sendiri, jangan copas! Nanti lama kelamaan anda bisa menjadi pemalas jika kerjaannya copas melulu. Anda harus menjadi blogger sejati, bukan blogger maling!