Kata master seo, paling bagus itu template yang halaman postingnya disebelah kiri. Namun itu hanya “mitos” yang dianut oleh kebanyakan webmaster. Emang betul???

Coba anda pikir, SEO itu ngeliat tampilan nggak???

Nggak kan???

Kalo nggak, kenapa para master seo bisa berpikiran seperti itu, bahwa Search Engine mengindeks dari pojok kiri atas, seperti slogan salah satu partai pada pemilu 2009 lalu???

Kalau emang SE ngeliat tampilan, berarti harusnya gambar juga bisa dilahapnya dong???

Kenapa kita harus repot-repot menambahkan alt-tag kalo SE bisa ngeliat tampilan, hayo???

Ayo, bukannya SE ngeliat source code, bukan tampilan???

Kalo begitu, asal bagian post ditampilin lebih dahulu di source code daripada bagian sidebar, template dengan postingan disebelah kanan sebenarnya juga SEO friendly, bukan???

Saya bukannya ngajak perang bintang sama para master seo di belahan dunia, tapi, kalo emang ada di buku panduan seo asli dari Google inc, silakan kasih ke saya, point mana dan bagian mana yang menunjukkan bahwa SE ngindeks dari sebelah kiri atas!!!

Perdebatan antara master SEO dengan master desain

Master SEO:
Yang penting tuh halaman posting disebelah kiri, soal estetika, belakangan!

Master Desain:
Estetika mah relatif, lagian emang SE bisa tahu kalo postingan kita ditaro disebelah kiri?

Master SEO:
Yang penting itu soal seo-friendlynya, Kalo estetika, emang orang berkunjung ke blog cuma buat ngeliat templatenya yang yahud???

Master Desain:
Kalo anda mengunjungi blog dengan font times new roman standar, belom ada ce-es-es, font warna biru buat link dan ungu kalo linknya dah pernah dikunjungi, dan cuman satu kolom, apa bapak nggak muntah???

Master SEO:
Justru template yang kayak gitu yang disukain SE, nggak pake ce-es-es, nggak pake blibet, nggak pake kolom-koloman!

Master Desain:
Berarti anda membuat site cuman buat se? Klo pengunjung liat blog kayak gitu pasti muntah!! Pasti langsung reload dan bertanya¬≤ “apa inet saya lemot ya?” SE mah nggak tau estetika, karena emang dia tuh robot, nggak punya hati, nggak kayak manusia kayak lu-lu pada!

Lagian blog 3 kolom itu mencerminkan keseriusan, dalam memanage widget!

Master SEO:
Blog 3 Kolom? Itu dia yang nggak disukai oleh SE! Itu dia! Kenapa anda hanya berfikir soal estetika, bukan soal SEO??

Master Desain:
Sudah saya bilang, mesin pencari tuh robot!! Dia makanannya kata-kata, bukan desain, tapi kalo orang biasa, apakah cuman mau liat kontennya aja? Kalo templatenya amburadul pasti saya, anda, dan semua orang bakal muntah ngeliatnya! Makanya, jangan cuman mikir seo!

Master SEO:
hmmm… (termenung)