Blogging, NgeblogKalo kita mengukur kualitas seorang blogger, pakai apa??? Yang pasti bukan pakai termometer, barometer, higrometer, radiometer, tensimeter, dll.

Kadangkala kita hanya melihat kualitas blogger hanya berdasarkan Alexa, PR, statistiknya saja. Padahal diluar itu, ada yang lebih menentukan kualitas seorang blogger.

Jika untuk Alexa, PR, dan stats itu hanya berdasarkan kuantitas. Yang dihitung apanya? Yang dihitung adalah jumlah kunjungan, page view, bounce rate, backlink, dll yang secara kuantitas lah, nggak ngarti istilah-istilah master kayak gitu. Maksudnya meskipun alexanya kecil, PR gede, statistik gede, kalau postnya nggak mutu juga orang nggak mau ngelirik.

Jadi apa yang dijadikan patokan kualitas seorang blogger? Yaitu: postingannya dan caranya mengelola blog. Itu saja!

Jika ada sebuah blog baru, kan alexanya masih kayak gajah, tetapi diisi dengan konten berkualitas dan mutu, tidak hanya copas sana-sini, tentu itu dia postingan yang berkualitas baik. Dan caranya mengelola blog, misalnya cara mengolah template, cara mengolah komentar, widget, dll. Itu dia yang dijadikan patokan kualitas seorang blogger. OTOMATIS jika seperti itu kualitas bloggernya, maka yang mengunjungi pun akan banyak, dan alexa, pr, dan statistiknya akan membaik.

SAYA TANYA: Anda lebih senang mengunjungi blog dengan isi bermutu dan orisinil, atau mengunjungi blog berisi hasil copas yang kembarannya banyak di dunia maya???