Blogging, NgeblogKadang anda menemukan situs/blog dengan URL blog super panjang, seperti http://muhammadrizkifadillah.blogspot.com atau http://allaboutmusicishere.blogspot.com. Banyak blog yang menggunakan URL panjang karena yang pendek sudah keduluan diambil orang. Tetapi baguskah URL model ini?

Ingatan Manusia

Ingatan manusia terbatas. Tetapi siapa bilang manusia tidak bisa mengingat yang panjang-panjang? Manusia telah dianugerahkan oleh Tuhan berupa otak yang mampu menyimpan ingatan lebih dari 1000 terrabyte.

Masalahnya, bagaimana kita mengelola ingatan itu supaya kita tidak lupa. Untuk itu, silakan baca: Trik agar mempunya ingatan seperti Dominic Brian (itu loh, yang ada di iklan susu, yang bisa mengingat sampe 73 angka, yang masuk rekor dunia

Kalo itu untuk kita. Nah, masalahnya tidaka semua pengunjung bisa mengingat hal-hal yang panjang, seperti URL itu… Lalu bagaimana cara agar bisa mudah diingat?

Sebenarnya URL pendek pun kalau susah diingat juga akan susah diingat oleh pengunjung. Misalnya: http://blgnymrfygbgs.com jauh lebih susah diingat daripada http://blognya-muhammad-rizki-fadillah-yang-bagus.com. Intinya: jangan membuat kombinasi huruf konsonan lebih dari 5! Dan jangan juga membuat URL blog yang ALAY, seperti http://mr1zk1f4d1ll4h.com. Titik!