Disini no-sara. Jangan berkomentar sara ya, jika anda mengaku orang yang budiman.

Saya sering blogwalking dari pertama saya ngeblog, saya mengunjungi blog kawan-kawan untuk bersilaturahmi dan saling bertukar komentar *eh tapi saya komentarnya bermutu loh…*. Nah, dari sekian blog yang saya kunjungi, saya mengunjungi beberapa blog bertemakan agama Islam. Saya sering mendapat keluhan dari temen-temen pemilik blog agama tsb. Keluhannya yaitu: “kayaknya blog agama kurang peminatnya ya…” “kok sepi sih…” dll.

Saya pun menelusuri sendiri dan memang benar, disetiap post yang berkomentar rata-rata sedikit lah… *padahal belum tentu pengunjungnya sedikit* Kebanyakan koment-nya pun hanya berupa “nice post” dll. Dan akhirnya saya menemukan satu alasan yang paling esensial.

Yaitu…

Takut dosa!

Jika berdebat soal agama, mereka takut dosa, takut dianggap menentang perintah Allah dan Rasul-nya. Itu adalah sikap yang benar sebetulnya, karena dengan takut seperti itu kita bisa lebih bertakwa kepada-Nya.

Tetapi buat para blogger yang mengelola blog bertemakan Agama Islam, lanjutkan saja! Saya tidak melarang, saya justru mendukung, karena dengan begitu anda telah mendakwahkan ajaran Allah kepada orang lain yang mengunjungi blog anda. Keep post!