Blogging, NgeblogKetika mendengar kata “Blogger Master” apa yang anda pikirkan? Biar saya tebak, anda akan memikirkan blogger penulis tutorial macam Kang Rohman Abdul Manap (kolom tutorial) atau Mas Doyok, sebenarnya anggapan seperti itu tidak salah, karena mungkin anda berguru seputar blogging dari mereka. Tetapi, yang saya pikirkan, apakah blogger master itu hanya dari kalangan penulis blogger tutorial?

Bukan, saya bukan bermaksud meremehkan penulis tutorial. Justru sebenarnya tu adalah pekerjaan yang mulia, karena telah membantu orang lain ngeblog. Tetapi apa hanya dari kalangan penulis tutorial saja?

Menurutku, yang jadi blogger master itu tidak selalu blogger tutorial, penulis sastra, yang menulis berbagai macam puisi, prosa dan kejadian sehari-hari, atau mungkin saja pemilik blog bertema agama?

Yang penting disini adalah kualitas dalam postingan yang menjadi patokan kualitas seorang blogger. Bukan hanya seorang penulis tutorial, bukan hanya seorang blogger yang alexa dan PR blognya setara dengan situs terkenal di dunia. CAMKAN: Kualitasnya yang penting!

Percuma jika seorang penulis tutorial tetapi isinya 100% copas situs lain, copas kolom tutorial, copas mas doyok, copas blog oom, copas blogernas, copas-copasan, copas mbah gugel, bahkan copas isi blognya sendiri (maksudnya biar tambah makin sip di SEO, padahal tidak ada gunanya mempublish yang pernah dipublish dimasa lalu, kecuali diupdate, atau yang lama dihapus).

Jadi, akhir kata, camkan dalam-dalam di otakmu, save as ingatan yang penting.txt, kunci agar tidak bisa di-delete, bahwa: KUALITAS YANG MENENTUKAN PROFESIONALITAS SEORANG BLOGGER! TITIK TANPA KOMA!