PlurkDi jagat Plurk, ada sistem penilaian yang namanya Karma. Pokoknya, kalau karmanya makin tinggi dia akan mendapatkan fasilitas dari Plurk, diantaranya emot dan judul plurk. Puncak dari karma adalah 100. Pada karma 100 seseorang akan mendpatkan emot plurk spesial diantaranya taser, fish_hit, smileydance, dll.

Namun ada yang mendapatkan karma dengan cara yang tak bisa dibenarkan, misalnya dengan menjadi fakir respon.

Memang mengejar karma dengan cara tersebut salah besar, tetapi apakah tidak boleh kita mengejar karma?

Kalo menurut saya boleh-boleh saja! Memangnya siapa sih yang tidak mau dapet karma 100? Udah deh jangan munafik… ngaku aja… Tuhan benci orang yang munafik!

Boleh saja kita mengejar karma, tetapi lakukan dengan cara yang halal dan tidak merugikan orang lain. Misalnya update yang bermutu dan respon tret teman (tentu saja bukan respon berderet kebawah).

Dan juga, jadikan karma itu hanya sebagai motivator untuk tetap update dan ngeplurk. Jangan mendewakan karma! Tetapi jadikan hanya sebagai motivator!

Jadi siapkah anda untuk mengejar karma sampai 100, atau anda hanya berdiam diri pura-pura tidak butuh karma tetapi dalam hati kecil anda sangat terbesit keinginan untuk meraih karma setinggi-tingginya?