seoJujur saja, SEO itu sangat bersebrangan dengan seni. SEO menyangkut rumus-rumus matematika dan algoritma untuk menentukan peringkat suatu website, sedangkan seni itu mengedepankan kreativitas dan keindahan.

Seni dan SEO susah untuk disatukan, ibarat air dan minyak. Ini dia dilema besar yang sering dihadapi oleh para blogger, lebih baik mengedepankan seni apa SEO yak?

Menurut saya: lebih baik mengedepankan kedua-duanya.

Maskudnya mas?

Seperti dalam tulisan kemarin yang tentang cara membuat garnish di blog, itu kan sudah mempunyai nilai seni, nah, untuk membuat nilai SEO-nya, ada triknya!

Sisipkan keyword pada judul:

Maksudnya begini, setelah membuat tulisan yang berseni di judul, kita juga menuliskna keywordnya. Cara termudah adalah dengan membuat tanda kurung atau yang lainnya. Misalnya:

– Cara memutilasi (membuat readmore) tulisan
– Trik menghisap atau mendapatkan pengunjung ke blog.
– Kiat mengintip (memantau) jumlah penyusup atau pengunjung blog anda.

Sisipkan keyword pada kalimat:

Jika anda tetap mau memberi judul dengan 100% seni, anda bisa menyisipkan keyword pada kalimat. Tentu jangan berlebihan. Misalnya:

Trik Memutilasi pengunjung…

Apa??? Memutilasi? Maksudnya membuat potongan halaman alias readmore pada postingan, dengan readmore ini pengunjung tidak akan melihat homepage blog kepenuhan karena readmore ini meringkas postingan, sehingga blog yang ada readmore nya akan lebih hemat tempat karena pada bagian homepage sebelum link readmore hanya akan ditampilkan sebagian, dan pengunjung cukup mengklik link readmore tersebut untuk melihat postingan selanjutnya yang telah dipotong dengan readmore.

Beda judul, beda pula URL-nya.

Ini bisa dilakukan untuk blog yang berplatform WordPress, dimana pada Kolom judul diisi dengan judul yang berseni sedangkan URL-nya dengan keyword-nya atau sebaliknya.

Misalnya:

Cara Memutilasi Postingan : https://mrizkifadillah.wordpress.com/2010/10/14/cara-membuat-readmore-pada-postingan/
Cara Mencari Ide Untuk Update: https://mrizkifadillah.wordpress.com/2010/10/14/trik-menculik-sumber-ide-posting/

Anda bisa pilih dan coba sendiri mana yang bagus.

Untuk media yang berbeda…

Misalnya untuk lintas berita, forum, infogue, atau portal berita lainnya sebaiknya anda memilih judul yang berseni dan nyentrik karena akan lebih membuat pengunjung terpikat dan langsung mengkliknya.

Pada link!

Misalnya untuk link pada postingan lainnya, sebaiknya anda memilih anchor link yang memikat pengunjung. Postingan dengan judul seo tetapi dengan anchor link berseni akan lebih berpotensi diklik pengunjung.

Intinya, SEO dan seni itu tidak kalah penting, hanya saja kita harus meramu dan meraciknya supaya kelihatan gaya kita saat menulis, tulisan kita diapresiasi orang lain dan mendapat peringkat nomer wahid di mbah gugel.