blogKalau anda ditanya “Sebenarnya ngeblog itu buat apa sih?” pasti beraneka ragam jawabannya. Kalau saya sih jawabannya “Sekedar membunuh waktu”:mrgreen: soalnya pas awal pertama kali ngeblog saya memang tidak punya tujuan.

Saya pertama kali ngeblog pada Juni 2009, blog yang pertama saya bikin adalah http://rizkifullus.multiply.com. Blog itu sekarang terbengkalai karena saya bingung mau diapakan. Sejak itu saya membuat blog http://muhammadrizkifadillah.blogspot.com yang sekarang sudah ganti domain dengan domain http://gudangilmu.emeref.co.cc. Lalu blog ketiga yang saya buat adalah http://allaboutmusicishere.blogspot.com berisi info musik, lalu http://beritaduniamaya.blogspot.com dan http://siapayangpantas.blogspot.com (blog yang domain dengan isinya nggak nyambung, isinya ttg SEO tapi omainnya siapa yang pantas):mrgreen: Lalu, blog ini adalah blog keenam yang saya buat (atau keberapa saya lupa lagi). Saya tertarik untuk ngeblog karena melihat blog orang lain yang inspiratif.

Lalu anda?

Untuk mengejar alexa rank dan PR?

Itu dia yang dimaksud “tidak ada ujung”. Sampai kapanpun, Alexa dan PR anda tidak akan menyamai google! Karena… saya rasa tidak perlu dibahas, anda semua pasti tahu sebabnya…:mrgreen:

Untuk mencari uang?

Saya rasa blogging ini jangan dijadikan sebagai pencaharian utama. Anggap saja sebagai pencaharian sampingan, karena berapapun iklan yang dipasang untuk mencari uang tetap saja pengunjung akan malas mengkliknya jika isi postingan tidak bermutu.

Untuk berbagi?

Saya rasa ini tujuan yang bagus, tetapi jika anda harus terus menerus berbagi apa anda sendiri tidak lelah?

Jadi, begini. Apakah anda tidak merasa terikat dengan tujuan blogger seperti itu? Anggaplah anda ngeblog itu untuk diri sendiri. Bukan untuk orang lain, untuk alexa, untuk PR, dan untuk siapa saja. Anggap saja sebagai ajang curah opini dan perasaan, postinglah semau anda dan hiatuslah semau anda pula. karena saat itulah anda menjadi blogger yang sejati, bebas dan merdeka. Blogger yang bebas dari peraturan, dan target yang mengikat. Sehingga disaat itulah anda bisa berbagi, memberi manfaat kepada orang lain, meningkatkan alexa rank dan pagerank, serta mendulang dollar dari blog anda.πŸ˜‰

Jadi, apa tujuan anda ngeblog?πŸ˜€