komentarSaya serig lihat pada blog-blog master yang selalu menyarankan: “Balaslah setiap komentar!”, “Respon komentar sebagai tanda profesionalitas anda!”, “Balaslah komentar sebelum komentar dibalas orang”, dll. Intinya, menyarankan supaya kita membalas setiap komentar yang ada.

Tapi kadang males juga jika ada yang minta dibales komentarnya di blognya, bukan di blog kita. Apalagi jika blognya lemot. Padahal apa susahnya sih bookmark, tinggal tekan CTRL+D lalu seting sedikit dan bookmark.

Trus lagi biasanya kan feed komentar ada batasnya. Nah, jika anda meninggalkan blog anda dalam waktu lama maka yang lama akan hilang. Nah, kalau yang ini gimana?:mrgreen:

Kadang saya juga nemu banyak yang komentarnya cuman iseng alias kayak snack kopong nggak berisi. Cuma basa basi! Cuman “Nice Post, Pertamax, Thank for info,dll.” Nah kalau kayak gini apakah itu harus dibales?

Intinya, tidak semua harus dibales. Yang penting yang berupa pertanyaan dan kritikan. Untuk yang berupa pujian… yah saya rasa tidak perlu dibalas. Kecuali jika anda haus pujian…:mrgreen: