Saya terheran-heran dengan budaya oran bisnisman yang lebih memilih domain yang dibeli daripada yang menumpang. Dan juga para master bisnis online yang lebih menyarankan membeli domain berbayar daripada gratisan. Katanya “Kalo gratisan itu pengunjung nggak percaya, soalnya dianggap tidak bermodal”

Emangnya kalo gratisan nggak dapat dipercaya? Nggak punya modal? Justru memilih yang gratis untuk menghemat modal yang akan digunakan untuk mengubah pelayanan.

Bisnis online itu kan semacam pasar abstrak, dan transaksinya dilandasi kepercayaan. Masalah kepercayaan mah itu urusan adminnya. Kalo pake domain berbayar tetapi ternyata barangnya tak sampai atau rusak atau jangan-jangan nyasar ya sama aje… Begitu juga sebaliknya. Jika bisnis pakai domain gratisan tetapi barang diantar ke tujuan dengan mulus dan lancar sehingga barang yang ada sama seperti di situs webnya ya… berarti bisa dipercaya…

Masalah nggak bermodal, emang ada ya sebagian wirausaha yang mempunyai modal sedikit. Tetapi tak jarang modal ini digunakan secara efisien sehingga dapat menjadi enterpreneur yang sukses. Nah, mereka memilih yang gratisan itu mungkin saja untuk mengembangkan usahanya.

Jadi, itu kembali pada sang wirausahawan tsb. Jika tidak bisa dipercaya meskipun beli domain 1 juta pun ya… ke laut aje dah…:mrgreen: