blog Saya dulu pernah chatting di blognya masdoyok (http://www.masdoyok.co.cc) sebelum masdoyok hiatus dan blognya sepi. Kan waktu itu beredar isu seputar kerajaan Nabi Sulaiman di indonesia. Katanya kerajaan tersebut ada di Indonesia dan katanya juga kota Sleman diambil dari nama Nabi Sulaiman. Dan ada juga isu seputar borobudur.

Nah, teman saya memposting artikel tersebut, yang sebetulnya hanya dugaan. Nah, teman yang satunya lagi menemukan fakta baru bahwa semua itu tidak benar.

Teman #1: Nih lihat postingan saya seputar isu kerajaan nabi Sulaiman dan borobudur http://www.blablabla.com…

Beberapa menit kemudian…

Teman #2: @Teman#1 itu kan hoaks nih lihat http://www.blablabla.com… hapus aja…
Teman #1: Oke deh, nanti saya hapus

Lalu…

Teman #3: Bener tuh udah dihapus coba lihat http://www.blablabla.com… nggak ada lagi tuh…

Sebenarnya apa yang menyebabkan admin menghapus tulisan di blognya?

1. Karena merasa postingan itu sudah tidak relevan lagi, seperti kasus diatas. (biasanya untuk postingan berupa reportase/informasi)

2. Karena merasa postingan itu terlalu kasar, atau merendahkan, atau pokoknya menyinggung orang lain sehingga dihapus.

3. Karena merasa postingan itu menjadi bumerang bagi dirinya, seperti tulisan ini misalnya,

4. Karena… silahkan anda teruskan sendiri…:mrgreen:

*Kang Meref, tapi kamu jug apernah menghapus postingan kan?*

Iya sih…:mrgreen:

*Gara-gara apa tuh?*

Apa aja boleh :p

Masalahnya, jika alasannya sudah tidak relevan, kenapa nggak tulis saja update dibawahnya. Misal:

… Katanya kerajaan tersebut ada di Indonesia dan katanya juga kota Sleman diambil dari nama Nabi Sulaiman …

UPDATE

Ternyata isu tersebut hoaks. (Lihat http://www.blablabla.com/…)

Jika alasannya seperti opsi kedua, tinggal perhalus kata-katanya. Misal “Si A kelakuannya kayak gak punya agama aje, kayak iblis” Jadi “Si A, menurut saya perilakunya itu tidak mencerminkan orang yang berbudi. Seharusnya diperbaiki, tuh”

Jika alasannya seperti opsi ketiga, anda tinggal menambahkan note/catatan berupa penjelas maskud postingan. Misal:

Aku suka sama si B, soalnya dia itu baik, pinter, cantik, dll…

NOTE

Jangan sampe orangnya tahu yah…

Jika anda menghapus postingan, maka akan mengurangi kredibilitas anda dimata pembaca setia ataupun pembaca baru anda. Sebaiknya tidak perlu dihapus tetapi diedit saja…

Selamat hampir siang (pukul 11.55)😀