RSSSaya pernah melihat tutorial di salah satu blog, katanya jika memasang feed itu jangan dipasang penuh, alias hanya sedikit saja. Hanya rangkumannya, jangan seluruhnya. Caranya tergantung CMS blog masing-masing. Jadi yang ditampilkan hanya berupa rangkuman dari postingan yang kita buat, serta link ke postingan tersebut.

Katanya, jika dipasang penuh ini berakibat turunnya jumlah pengunjung blog karena semuanya lari ke fitur RSS ini. Sebenarnya, perlu tidak RSS disingkat?

Menurutku tidak perlu. Toh justru memang itu tujuan dibuatnya RSS, untuk memudahkan pembaca membaca artikel kita tanpa perlu mengunjungi halaman blog.

Lagipula, toh pengunjung masih bisa dilacak dengan fitur tracking di RSS, jadi penggemar kita bisa tetap dilihat.

Dan lagi, jika blog anda punya fitur mobilize dengan layanan mippin.com misalnya, itu kan postingnya diambil dari feed. Lah kalo dipotong trus dikasih link ke blog kita gimana? Apa nggak repot yang baca pake hape? Mending blognya cepet, kalo blognya lambat?

Lagipula memang tujuan anda ngeblog apa? Berbagi? Kalo berbagi nggak usah khawatir masalah ginian. Kok masih khawatir jumlah pengunjung.

Memangnya blog kita blog berita yang udah terkenal? Masih blog newbie aja belagu, pake motong RSS, Gimana ceritanya itu?

Jadi buat apa motong RSS feed, gak guna!