komentarYang namanya Blog, itu kan mempunyai kolom komentar. Nah, di kolom komentar itulah terjadinya komunikasi dua arah. Tentu yang namanya komunikasi, ada yang setuju ada pula yang tidak. Sehingga menimbulkan konfrontasi. Konfrontasi adalah hal yang wajar dalam dunia perbloggingan selama kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang sopan. Tetapi jika anda sudah tidak tahan terhadap konfrontasi, anda buat saja blog tutorial. Lho kok?

Ya memang, coba lihat kolom komentar pada blog tutorial. Isinya hanya berupa pujian pada pemilik blognya. Jarang sekali saya temukan cacian, jika ada pasti jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Dan yang mencaci ini biasanya dicap sebagai pembangkang. Dan biasanya para pendukungnya mendukung dengan slogan “Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu”.

Anda bisa mengeksplorasi sendiri atau kalau memang malas ya bisa copas. Toh banyak sekali blog berkontent tutorial di jagat maya.

Kenapa blog tutorial bebas konfrontasi? Alasannya simple kok…

Siapa coba yang mau mengkonfrontasi sebuah tulisan tentang cara membuat readmore? atau siapa yang mau mencaci tulisan tentang cara membuat navigasi bar? Apa yang mau diperdebatkan tentang sebuah postingan berisi cara mendaftarkan blog ke Google? Jadi menurutku ya wajar jika para blog tutorial bebas konfrontasi.

Tetapi, eit ada tapinya nih… asal tulisannya murni tutorial, alias cuman langkah-langkah dari A-Z. Bukan berupa opini pribadi tentang sesuatu. Jika berupa opini pribadi, pasti yang tidak setuju menyerang anda habis-habisan, apalagi jika kalimat yang anda gunakan kalimat yang tergolong tajam.😀