komentarSeperti pada postingan sebelumnya tentang Membuat Blog Tutorial Untuk Mengurangi Konfrontasi, bahwa konfrontasi adalah hal yang biasa dalam dunia blogging. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan postingan anda. Jika tidak mau ada konfrontasi di blog anda, silakan tutup fasilitas komentar di blog anda.

Tetapi, jika anda ingin berkonfrontasi dengan seorang blogger, anda harus memperhatikan poin-poin dibawah ini.

1. Jangan berkonfrontasi jika hanya ingin mencari sensasi. Artinya berkonfrontasilah jika memang anda tidak setuju dengan opini yang disampaikan pemilik blog. Jika tujuan anda hanya mencari sensasi, lebih baik tutup browser, matikan komputer, dan pergi ke perempatan atau lampu merah tanpa mengenakan pakaian sehelaipun!

2. Hindari profil anonim. Artinya jangan menggunakan profil anonim jika ingin berkonfrontasi. Gunakan nama asli anda atau nama samaran anda yang biasa anda gunakan di dunia maya, dan sertakan URL blog anda. Biasanya, jika anda memakai profil anonim dan marah-marah di kolom komentar, anda akan dicap pengecut.

3. Gunakan bahasa yang sopan. Eit, jangan salah. Konfrontasi itu bukan ajang untuk bermain kata-kata kasar. Konfrontasi adalah sebuah ajang untuk mempertemukan kesepakatan dari dua pendapat yang berbeda. Jika ingin menggunakan kata-kata kasar, sebaiknya anda ikut amuk massa aja deh… Lagipula jika anda menggunakan kata-kata kasar, anda akan dianggap tidak sopan.

4. Jangan menyinggung perasaan pemilik blog. Artinya, meskipun berbeda pendapat, anda harus menjaga perasaan lawan bicara. Biasakanlah menggunakan ungkapan seperti “maaf” dll ketika berkonfrontasi. Dan jangan merendahkan lawan bicara, misalnya dengan menggunakan kata-kata “goblok” dan sejenisnya.

Dengan memerhatikan poin-poin diatas, dapat tercipta yang namanya mufakat lewat konfrontasi yang beradab.😀