internetDi WordPress, anda bisa mengutak-atik permalink post. Bahkan jika anda menggunakan wordpress versi hosting sendiri (wordpress.org), anda bisa mengubah format permalink. Tetapi sebelum membahas lebih jauh, kita bahas tentang permalink dulu.

URL permalink yaitu URL sebuah postingan. Misalkan: https://mrizkifadillah.wordpress.com/2010/06/12/video-klip-justin-bieber-baby/. URL ini yang sangat berperan dalam SEO, dimana Google akan melirik lebih dulu URL yang sesuai dengan kata kunci. Dengan fleksibilitas yang dimiliki wordpress, kita bisa mengedit permalink sesuka hati.

Caranya buat postingan baru, dan posting seperti biasa. Lalu dibawah kolom judul ada tombol Sunting untuk mengedit permalink. Klik tombol tersebut. Lalu akan ada kolom untuk mengisi permalink. Memang yang bisa diedit hanya bagian belakangnya saja. Misalnya: https://mrizkifadillah.wordpress.com/2010/06/12/video-klip-justin-bieber-baby/ maka yang bisa diedit hanya bagian belakang yaitu video-klip-justin-bieber-baby. Sedangkan https://mrizkifadillah.wordpress.com/2010/06/12/ tidak bisa diedit karena itu sudah format default. Jika sudah diedit klik Oke.

Tetapi ada yang harus diperhatikan dalam menenentukan URL permalink ini.

1. Jangan memakai simbol. Artinya, jangan memakai simbol seperti .,&()[]$'”/\ dll. Tetapi ada pengecualian untuk itu, yaitu simbol – (strip). Karena simbol ini digunakan untuk memisah kata sehingga search engine lebih mudah meliriknya.

Anda bisa mengganti simbol itu dengan kata-kata. Misalnya: 1 + 1 = 2 bukan 3 menjadi 1-ditambah-1-samadengan-2-bukan-3. Atau Uangku Bernilai 10$ menjadi uangku-bernilai-10-dollar. Atau anda bisa menghilangkan simbol sehingga permalink hanya berisi teks dan penghubung – (strip).

2. Jangan menyesatkan. Artinya, Permalink harus sesuai dengan isi postingan. Jangan anda buat permalink “cara-membobol-facebook-orang” Jika isi postingan anda hanya cara membuat readmore. Jika mau, usahakan sama dengan judul.

3. Jangan terlalu panjang. Jangan buat permalink panjang seperti kereta. Bukan apa-apa, ini bermasalah jika anda hendak men-share ke Twitter yang membatasi jumlah karakter dalam statusnya. Kecuali jika anda sudah memendekkan URL-nya dengan bit.ly atau semacamnya. Blogger saja membatasi panjang URL-nya, meski judulnya panjang, URL-nya tidak terlalu panjang.

4. Selamat ngeblog!!!:mrgreen: