linkDi pertengahan tahun 2010, saya pernah mengenal dua buah situs web jejaring sosial buatan indonesia, yang satu adalah Okeycall, dan yang satu lagi adalah Kiwol Company. Okeycall saya tahu dari lingkungan dan teman saya. Sedangkan Kiwol Company saya tahu dari shoutmix blog Kang Rohman (kolom-tutorial.blogspot.com). Tetapi sekarang mereka entah hilang kemana…

Coba anda cek situs Okeycall di http://okeycall.com dan Kiwol Company di http://kiwolcompany.com. Pasti anda akan menemukan hasil berupa situs yang nggak jelas dan berisi iklan-iklan.

Fenomena seperti ini biasanya disebabkan oleh karena lupa memperbaharui domain. Saya tidak tahu caranya, karena selama ini saya tidak pernah memakai domain berbayar dan hanya memakai domain gratis dari co.cc atau co.tv, tetapi untuk memperbaharui domain sih setahu saya biasanya kita membeli ulang domain tersebut. Domain itu harus diperbaharui setiap setahun sekali (atau ada yang lebih, who knows?). Jika telat, maka situs kita akan berubah menjadi seperti itu.

Saya pribadi sebetulnya kecewa dengan kejadian ini, karena yang tadinya harapan untuk membangun IT mandiri di Indonesia akan tumbuh, eh ternyata pupus hanya karena lupa memperbaharui domain. (atau mungkin bangkrut?) Sebenarnya banyak situs web bikinan anak bangsa yang kreatif, eh karena kekurangan pendukung jadi bernasib seperti okeycall dan Kiwol Company. Seharusnya anak bangsa lebih menghargai produk bikinan anak bangsa sendiri. Tetapi biarlah, mati satu tumbuh seribu…

Atau jangan-janga hilang diambil UFO yang membuat crop cricle di Sleman?:mrgreen:

okeycall

Okeycall yang hilang


kiwolcompany

Kiwol Company yang juga hilang