plurkKita sering mendengar istilah respon, responisme, resback, sekte responism, fakir respon, dll. Sekte responisme memang sudah berjalan lama. Bahkan sebelum plurk dibuat, terdapat sekte respon yang malang melintang di jejaring sosial lain seperti facebook dan friendster. Tapi kini terdapat aliran baru, mungkin turunannya dari aliran sekte responism ini, yaitu Sekte promosime.

Sekte itu muncul setelah dibentuknya top plurk oleh developer plurk. Pertama kali dibentuk orang yang mengirimkan status (plurk) bisa mempromosikan plurknya sendiri. Namun kini promosi harus dilakukan oleh orang lain (tidak bisa oleh diri sendiri). Nah inilah yang mendorong pembentukan sekte ini.

Sekte ini menggunakan prinsip Promosi = Promback sama seperti respon = resback, promosi = promback ini adalah timbal balik jika orang mempromosikan suatu plurk maka si pemilik plurk akan mempromosikan plurk orsang yang mempromosikan tersebut.

Sebenarnya bahaya juga karena aliran ini berurusan dengan momod (moderator) yang biasanya langsung bertindak tegas. Dan ada kemungkinan juga untuk dibanned. Tetapi demi popularitas (sementara) ya sekte ini rela saja asal mendapatkan ketenaran sesaat.

Sebenarnya untuk bisa dipromosikan tidak perlu ngotot untuk minta promosi. Tulis saja plurk yang menarik, memberikan inspirasi atau informasi penting. Maka plurker akan mempromosikan plurk anda… tak perlu sampai berurusan dengan momod segala…