Piala Eropa kali ini digadang-gadang akan lebih meriah dari Piala Dunia.

Hari gini masih pake dukun? gak jaman! Hari gini masih galau? Ditolak? Atau gak direstui… atau bahkan LDR (bukan kamera LDR yah, eh itu mah DSLR) C’mon… lupain aja sejenak masalah itu (kalo bisa lupain aja pacar kamu):mrgreen: dengan Euro 2012. Ajang yang digelar di Polandia dan Ukraina nanti malam (8 Juni) sampai 1 Juli nanti. Ok. Siapkan kudapan, jangan putar lagu galau. Nyalakan TV anda dan begadanglah sepanjang malam (kapan lagi bisa begini?)😀

Piala Eropa kali ini akan lebih menarik daripada piala dunia. Anda menjagokan siapa? Terserah anda, tetapi kita lihat dulu analisisnya.

Grup A: Polandia, Ceko, Yunani, Rusia

Polandia selaku tuan rumah lebih diunggulkan, tetapi Ceko juga menyimpan potensi dengan beberapa pemain yang merumput di liga besar Eropa seperti Cech dan Rosicky (bagus untuk main di PES apalagi Cech masuk kiper kelas master). Jangan lupakan Yunani yang ingin mengulang kembali memori 2004, atau Rusia dengan potensi mengejutkan yang tak kalah besarnya. Bahkan bisa dibilang ini adalah grup neraka sesungguhnya karena tiap tim bisa saling kalahkan.

Grup B: Jerman, Belanda, Portugal, Denmark

Grup ini disebut-sebut sebagai grup neraka, tetapi kebanyakan orang dan media massa pasti akan menjagokan Jerman dan Belanda. Maaf, tanpa bermaksud meremehkan, meski Portugal dan Denmark mempunyai pemain hebat seperti C. Ronaldo, Nani ataupun Nicklas Bendtner, tetapi akan sangat susah untuk mengalahkan Jerman dan Belanda. Tetapi, kejutan selalu akan terjadi.

Grup C: Spanyol, Italia, Irlandia, Kroasia

Jelas Spanyol dan Italia masuk unggulan. Mereka diprediksi akan mudah melenggang ke bebek berikutnya. Tetapi jangan remehkan tim sisanya. Jangan pula lupa, Italia baru saja kalah 3-0 melawan rusia, jadi (siapa tahu saja) Irlandia dan Kroasia bisa mengalahkan Italia dari situ. Spanyol? Jangan lupakan Piala Dunia 2010: Spanyol yang Juara kalah 1-0 lawan Swiss di laga pembuka.

Grup D: Inggris, Prancis, Swedia, Ukraina

Inggris dan Prancis memang favorit, tetapi Ukraina, bermodalkan Shevchenko dan dukungan suporternya jelas tak bisa diremehkan. Swedia dengan Ibrahimovic dan S. Larsson juga tidak bisa dianggap enteng. Apalagi Inggris akan kehilangan Rooney pada dua laga pertama ditambah dengan cideranya beberapa pemain.

Tetapi itu tidak mutlak. Kejutan sering terjadi di sepakbola. Misalnya Yunani pada 2004. Dianggap sebelah mata, tetapi mampu menjungkalkan prediksi banyak orang, bahkan menjadi juara setelah mengalahkan tuan rumah Portugal. Ini bukti bahwa sepakbola sama seperti percintaan: tidak bisa dihitung dengan rumus apapun.

Jadi, ayo kita nonton Euro 2012 dan nikmatilah hiburan murah meriah ini. Dan berharaplah sepakbola Indonesia juga akan membaik dan bisa bersaing di level dunia.😀 *tapi jangan ngarep Indonesia masuk Euro yah*:mrgreen: