Everything Starts from zero — Segalanya dimulai dari nol.

Bukannya saya berbangga diri, tetapi ini adalah satu kebahagiaan kecilku, selain menonton euro tentunya. Karena karmaku akhirnya sudah mencapai angka 100!

Awal perjalanan

Tanggal 15 Mei 2010 saya bergabung dengan dunia Plurk, dunia yang begitu asing bagi saya waktu itu, saya pun tidak tahu mengapa saya ada di plurk waktu itu, dari saya hanya tahu teman dekat hingga ke jagat maya yang lebih luas lagi, saya telah mengalami berbagai periode dari saya semangat betul ngeplurk hingga malas ngeplurk, bahkan saya sempat memfreeze karma saya selama 3 bulan! Tetapi saya bahagia ngeplurk karena ada banyak teman disana…😀

Ngeplurk bukan sekedar ngejar karma…

Ada yang bilang seperti itu. Ngeplurk bukan untuk karma tetapi untuk berbagi. Sebenarnya sah-sah saja sih kalau kita ngejar karma. Akui saja, siapa yang tidak ingin karmanya tinggi…:mrgreen: Lagipula yang membuat Plurk menarik adalah sistem karmanya. Plurk tanpa karma ibarat si buta kehilangan tongkat, seperti sayur tanpa garam, seperti blog tanpa isi, seperti Barcelona tanpa Messi, seperti Euro 2012 tanpa Spanyol, Seperti Ungu band tanpa Pasha, seperti Aziz OVJ tanpa style gagap, seperti Sketsa di Trans TV tanpa kata-kata “Gak kaya gini-gini juga kalee…”, dan seperti-seperti yang lain.:mrgreen: Plurk tanpa karma akan kehilangan esensinya, dan akan sama saja seperti jejaring sosial yang ada. Sejauh yang saya temui, hanya Plurk yang menyediakan mode karma seperti ini.

Tetapi ada pepatah, tidak ada makan siang gratis, tidak ada hasil tanpa pengorbanan. Untuk meraih karma tinggi itu harus dengan kerja keras. Pengorbanan pulsa (kecuali bagi yang sering nge-wifi) dan uang ke warnet. Bukan dengan cara seperti sekte responisme atau dengan ngebot, dan tidak juga dengan nyepam.

Dan juga, jangan jadikan karma sebagai tujuan, tetapi lebih sebagai motivasi. Misalnya ada anak sekolah. Belajar tujuannya adalah untuk pintar. Jika begitu, maka karma ibarat iming-iming hadiah yang diberikan orangtuanya jika anak tersebut naik kelas. Lagipula untuk apa ngejar karma? Bukan sekedar emotikon. Emotikon dapat dengan mudah dimasukkan, apalagi sekarang ada fasilitas “Emotikon saya”. Lalu? Jelas karma berbanding lurus dengan gengsi. Semakin besar karma, semakin besar gengsi dan kebanggan kita.

Lalu setelah ini?

Saya berharap masih bisa ngeplurk seumur hidup saya, apalagi sekarang ada fasilitas karma 100++. Karena di Plurk ini saya bisa berbagi kepada teman-teman, dan bisa bertukar pikiran. Dan semoga dengan masuk ke klub karma 100, semangat saya untuk ngeplurk bisa bertambah…😀

Update EURO

Ceko dan Yunani lolos dari grup A
Jerman dan Portugal lolos dari grup B
Spanyol dan Italia lolos dari grup C
Inggris dan Prancis lolos dari grup D

Perempat final:
Ceko vs Portugal
Yunani vs Jerman
Spanyol s Prancis
Italia vs Inggris