Kami melacak keberadaannya, dan beberapa sumber yang dipercaya menyebutnya sudah pensiun, atau tidak ngeblog lagi. Tetapi kami lebih tahu yang terjadi di belakang layar…

Pada akhir Mei 2009, tepatnya, dia memulai karir ngeblognya dengan membuat sebuah situs di Multiply. Jadi, jika anda mengira awal karirnya adalah di Blogspot, anda salah besar. Dari situ karir ngeblognya sempat menampilkan beberapa tema, seperti lirik lagu, trik matematika, dan artikel lainnya, hingga pada awal 2010 dia seperti tidak ada habisnya menyajikan tutorial blogging, dan bergabung dengan blogosphere. Hingga akhirnya dia tiba-tiba menghilang dari dunia blog, kami mencari tahu apa penyebabnya…

Blog yang bagus, tetapi itu dulu. Riwayatnya kini?

Awal Karir

Orang ini jelas sosok yang cukup dikenal di dunia blogger pada tahun 2010 karena, keanekaragaman isi blognya dan konsistensinya. Berbagai bintang dunia blog pun mengenalnya, seperti Mas Doyok, Beben Koben, dan sederet selebriti blogosphere yang tidak dapat disebut satu persatu. Dia pernah ngeblog hingga tiga post seminggu, yang uniknya disajikan dengan terjadwal, dan meskipun alexa ranknya tidak pernah mencapai angka 100.000, tetapi ketenarannya jelas, dengan dia sering menyambangi shoutbox Kang Rohman setiap malam minggu dan pernah beberapa kali bermain ala game Super Family bersama kawan-kawan bloggernya. Dia juga pernah menjadi blogger tamu di blog Mas Doyok, dan juga memanage beberapa blog lainnya (daftar blognya bisa anda lihat di situs utamanya) Tetapi semuanya berubah, ketika dia berniat membangun kembali blog WordPress-nya, blog yang lama pun terbengkalai…

Kebangkitan WordPressnya dan Tenggelam di Plurk

Karmanya semakin baik, tetapi tidak dengan Alexa Rank Blogspotnya.

Jelas penyebab kehancuran Blogspotnya adalah kebangkitan WordPress-nya, tetapi ada satu hal yang orang-orang belum tahu: aktivitasnya di Plurk (yang menyebabkan dia pensiun dari Facebook). Pada Mei 2011 dia membuat Plurk yang akhirnya karmanya mencapai 100 (gambar kiri), dan itu adalah awal yang, menurutnya, baru bagi perjalanan karirnya. Ok, kematian Blogspotnya mungkin tidak berjalan mendadak, tetapi perlahan-lahan frekuensi ngeblognya berkurang. Dan bukan cuma itu saja, bisa jadi perubahan domain blognya menjadi .co.cc yang menyebabkan traffic menurun, sehingga kehilangan motivasi untuk mengelolanya. Dan juga dia pernah tercatat bergabung di Kompasiana meski hanya beberapa bulan antara akhir 2010 dan awal 2011.

Menurut sumber terdekat, dia sudah pensiun dari dunia Blogging, meskipun masih belum bisa dibuktikan kevalidannya. Kami sempat mendapat nomor teleponnya dan melakukan wawancara singkat.
Kami: “Mengapa anda sudah tidak ngeblog di Blogspot anda? Apa anda pensiun?”
MRF : “Tidak.”
Kami: “Apa anda terlalu sibuk di dunia nyata?”
MRF : “Tidak.”
Kami: “Apa anda sedang beralih ke bisnis online?”
MRF : “Tidak.”
Kami: “Lalu mengapa anda tidak ngeblog lagi?”
MRF : “Itu karena keputusan saya yang salah dulu. Saya terlalu getol ngeblog, tetapi setelah ide habis, kreativitasku hilang…”
Kami: “Oh, lalu akankah anda ngeblog lagi?”
MRF : (menutup telepon)

Dan update terakhir adalah dia sedang membuat postingan ini. Ujaran bahwa suatu saat artis akan kehilangan kreativitasnya mungkin benar. Tetapi apa yang terjadi sehingga dia kehilangan sentuhan hanya dalam waktu yang begitu cepat? Ini jadi pelajaran buat kita supaya kita punya perencanaan dalam mengelola blog.

Inti dibalik semua ini

Postingan ini hanya untuk meemotivasi saya, bahwa, bagaimanapun orang tidak akan berkembang tanapa motivasi. Dan, bagaimanapun, bia saya kehilangan kreativitas, janagan sampai kehilangan kawan-kawan.

Selamat menunaikan ibadah puasa.