Sembari ngabuburit, ada baiknya kita melakukan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya… sedikit mengolah kreativitas dengan edit-edit foto. Di Kaskus, misalnya, banyak yang suka mengedit foto supaya lebih lucu. Tidak perlu menggunakan aplikasi semisal sotosop atau lainnya. Gunakan saja MS Paint.

Kenapa MS Paint?

1. MS Paint sudah tersedia dalam bundel Windows jadi tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.
2. Siapapun bisa menggunakannya, termasuk anak SD sekalipun.
3. Fungsinya simpel tetapi cukup untuk edit-edit tingkat dasar.

Jika anda menguasai photoshop atau GIMP, silakan saja. Tetapi ini khusus untuk orang-orang yang punya ide yang dahsyat di otaknya tetapi tidak mampu mengaplikasikannya kedalam photoshop.

Oke mulai saja…

Pertama, tentukan tema. Misalnya anda ingin membuat gambar pertamax (seperti ini contohnya) dari tema tertentu, misalnya spongebob, atau yang lainnya. Dalam contoh ini kita gunakan selebrasi Balotelli dalam euro 2012 lalu. Cari di images.google.com lalu ketikkan kata kunci. Hasilnya akan terlihat.

Salin salah satu gambar yang menurut anda bagus. (Klik kanan gambar, lalu klik Copy Image)

Selanjutnya buka MS Paint, lalu klik kanan di area kerja kosong, lalu klik Paste. Akan seperti ini hasilnya.

Selanjutnya edit saja sesuka hati anda. Gunakan Ellipse tool untuk membuat balon teks, misalnya. Atau anda bisa menggabungkan dengan gambar lainnya untuk membuat komik strip, misalnya. Begini contoh punya saya.

Lalu simpan saja karya anda, dan gunakan untuk komentar di forum atau pamer karya anda di blog anda. Memang rada standar editannya, tetapi kan kita menggunakan aplikasi standar pengolah gambar. Kalau menggunakan Photoshop, hasilnya bisa lebih bagus.

Oke, sekian saja tutorial dari saya, dan saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.