Meskipun masih hari Jumat, biarkan saya menulis tentang malam minggu, sabtu malam, yang umu disebut dengan weekend (karena malam minggu/sabtu malam berada di akhir pekan)

Weekend atau hari pekan adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu, terutama oleh anak sekolah dan karyawan yang kerja dari senin sampai sabtu. Weekend menjadi waktu yang ideal untuk melepaskan segala lelah dan kepenatan dalam pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Dan Weekend terjadi antara Sabtu pagi hingga Minggu malam. Dan pada Weekend ada yang namanya malam minggu atau sabtu malam. Kedua pernyataan ini sebenarnya sama saja. Saya tidak akan membahas kebenaran di bidang bahasa, karena memang bukan itu yang akan saya bahas.

Meskipun secara harfiah artinya sama, malam minggu dan sabtu malam mempunyai arti atau makna secara istilah atau filosofi yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya inilah perbedaan antara jadwal malam minggu dan sabtu malam. Aktifitas dianggap selesai pada sabtu pukul 16.00 dan ibadah dianggap sudah dikerjakan.

Jadwal malam minggu:
16.00 Aktifitas selesai
18.00 Nonton bioskop
20.00 Makan malam berdua
22.00 Jalan-jalan
01.00 Pulang dan tidur.

Jadwal sabtu malam:
16.00 Aktifitas selesai
18.00 Internetan (biasanya pakai paket begadang kalau di warnet)
01.00 Tidur

Sudah terlihat perbedaannya?
Yap. Sabtu malam adalah Malam minggu versi jomblo. Mereka menolak memakai istilah “Malam minggu” karena istilah tersebut merepresentasikan golongan-golongan yang sudah berdua. Tetapi, ada sisi positifnya loh merayakan sabtu malam daripada malam minggu, seperti:

1. Hemat secara ekonomis
2. Tidak akan ada yang ganggu
3. Terhindar dari perbuatan maksiat

So, kenapa harus malu ber-Sabtu malam?😀