Rabu pekan lalu ketika saya bangun tidur, saya dikejutkan dengan hasil siaran sepakbola. Barcelona, yang digadang-gadang tim terhebat di dunia, kalah telak 4-0 dari Bayern Munchen di semifinal Liga Champions. Jelas sebuah hal yang memalukan bagi tim sebesar Barcelona.

Meskipun para fans Barcelona masih menyimpan optimisme untuk melaju ke final, tetapi, saya harus realistis. Akan sangat sulit menaklukkan Bayern dengan skor lebih dari 5 gol. Dan inilah penyebabnya:

1. Barca bukan lagi tim yang tidak terkalahkan

Sekarang siapa saja sudah tahu strategi permainan Barca. Permainan tiki-taka akhir-akhir ini sudah mulai terbaca. Lihat saja semifinal musim lalu, Barca harus mengakui kekalahan melawan Chelsea.

Ada contoh lain. Lihat saja AC Milan, dengan pemain-pemain mudanya sempat mengalahkan Barcelona 2-0 (meskipun akhirnya kalah 4-0). Jelas Bayern akan belajar banyak dari sana, dengan menyempurnakan apa yang telah dilakukan Milan.

2. Barca masih fokus di Primera Liga

Jelas hasil imbang melawan Athletic Bilbao menunda pesta juara mereka. Dengan kata lain, mereka masih harus sberjuang di dua ajang. Sedangkan Bayern, karena sudah jadi juara liga sejak lama, maka mereka hanya fokus ke ajang Liga Champions.

3. Barca tidak mencetak gol tandang

Andai Barca mencetak satu atau dua gol di Allianz Arena, maka semuanya akan lebih mudah. Tetapi kenyataannya mereka tidak mencetak sebiji golpun. Hal ini menyebabkan mereka harus menang dengan selisih 5 gol, atau setidaknya 4-0 (tanpa kebobolan) dan dilanjutkan dengan adu pinalti.

4. Dan kita realistis sajalah, itu sangat sulit

Oke. Optimis itu harus. Tetapi kita harus realistis bahwa itu sangat sulit. Masalahnya Bayern musim ini tidak sama dengan yang pernah mereka kalahkan 4-0 pada 2009 (kalau tidak salah). Bayern musim ini adalah tim kuat. Bahkan dengan tim cadangan mereka masih mampu menjaga rekor kemeenangan di Bundesliga. Secara historis itu juga sangat sulit, karena belum pernah ada yang menang ketika di leg pertama kalah 4-0 di semifinal.

Mungkin kekalahan Barcelona ini mengandung pelajaran. Yaitu jika anda tidak mendukung tim anda jika kalah, jangan pernah bersorak jika tim anda menang.

Dan, saya tidak bilang kalau Barca tidak mungkin lolos. Oke, mungkin sulit, tetapi selama bola itu bundar, maka apapun bisa terjadi.😀