images 2013 Masih belum berakhir, dan 2014 masih lama. Tetapi apa yang paling ditunggu-tunggu dari 2014?

Yang paling ditunggu-tunggu adalah…

Pemilihan umum? Hmm, dengan SBY sudah dua kali berturut-turut menjadi RI-1 dan sepertinya belum ada yang cocok untuk menerusskan estafet pembangunan negara. Dan dengan calon-calon yang, mungkin hanya beberapa yang disebut kompeten–bahkan orang yang sempat tenar dan konon (kata orang-orang) punya kekuatan sakti juga ingin jadi presiden. Kalau begini, mungkin angka golput akan semakin meninggi, jika calon presiden (dan legislatif) dianggap belum ada yang kompeten dan memenuhi ekspektasi. Jadi, mungkin pemilu tahun depan tidak akan semeriah… Piala Dunia!

Piala Dunia Brazil 2014

Dan yang paling ditunggu-tunggu dari tahun depan adalah piala dunia. Ya, ajang sepakbola terbesar yang mampu membuat para jomblo melupakan galaunya, dan–mungkin agak hiperbolik–mampu membuat seluruh dunia menghentikan aktivitasnya untuk menonton gelaran akbar 4 tahun sekali ini. Meski baru diketahui 5 tim yang lolos hingga tulisan ini dibuat, yaitu Brazil (Tuan Rumah), Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Iran, tidak ada salahnya kita menebak-nebak siapa yang akan jadi juara pada pergelaran tahun depan.

Jerman lebih diunggulkan, Brazil Tuan Rumah, sementara itu Spanyol…

Jerman, yang selalu diunggulkan pada turnamen besar, dan salah satu tim yang digadang-gadang bisa menghancurkan kedigdayaan Spanyol. Brazil, dengan didukung orang-orang dibelakang mereka jelas punya peluang untuk juara. Sementara Spanyol, setelah berturut-turut juara Euro, mereka pasti juga mengincar juara Piala Dunia secara back-to-back. Tetapi mungkin karena sudah mendapatkan gelar yang banyak akhir-akhir ini rasa lapar akan kejayaan mulai terkikis, dan mungkin akan mempengaruhi motivasi mereka sehingga tidak tampil 100%. Lagipula masih banyak hadangan yang akan dihadapi Spanyol, seperti Italia, Argentina, Belanda, Inggris, Prancis, Portugal–semua punya peluang untuk menang. Tetapi urusan siapa yang akan mengangkat piala nanti kita lihat saja.

Sebagian di bulan Ramadan

Hmm, sebagian laga-laga di Brazil akan dilaksanakan pada bulan Ramadan, sehingga pada awal bulan Ramadan kita bisa santap sahur sambil menikmati pertandingan kelas dunia (tergantung jam tayang sih sebenarnya):mrgreen:

Berbenah untuk 2018

Indonesia memang sudah tidak mungkin ikut Piala Dunia 2014. Tetapi masih ada waktu untuk berbenah, yaitu untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Selama para pengurus mengesampingkan ego pribadi dan mulai bekerjasama untuk bersatu membenahi persepakbolaan Indonesia, bukana mustahil kita lolos ke Piala Dunia suatu hari tanpa harus menjadi Tuan Rumah.😀