1017113_203557406465576_184048677_n Kalau membicarakan soal 2014 saja sudah membuat anda tidak sabar, bagaimana membicarakan tentang 2016? Yap, Piala Eropa Prancis, yang dilaksanakan di Prancis (ya iyalah masa di Zimbabwe :mrgreen:) akan mengalami penaikan jumlah peserta dari 16 menjadi 24. Bagi anda yang menyaksikan Piala Dunia U-20 pasti mengerti sistem ini, dimana ada 6 grup masing-masing 4 tim, juara dan runner-up grup lolos, sementara 4 juara ketiga terbaik akan lolos.

Oke, Piala Eropa selama ini diyakini lebih menarik dari Piala Dunia, bahkan menurut Xavi, memenangi Piala Eropa jauh lebih sulit daripada Piala Dunia disebabkan meratanya kualitas kontestan. Jika Di Piala Dunia ada negara-negara dari antah berantah yang ikut serta, sehingga menurunkan kualitas kompetisi. Tidak begitu dengan Piala Eropa sejauh ini. Lihat saja tahun lalu, hanya Spanyol yang menang dengan skor 4-0 dengan Irlandia (dimaklumi karena tim ini memang diprediksi hanya sebagai penghibur), dan Italia (yang hanya bermain dengan 10 orang karena cidera Thiago Motta pada babak kedua). Sedangkan di grup lainnya persaingan berjalan ketat. Lihat saja bagimana Belanda yang diunggulkan juara justru tidak dapat apa-apa, lihat juga Rusia, yang apes setelah menang 4-1 pada laga pertama tetapi tetap tidak lolos grup.

Intinya, kualitas semua peserta merata, dan setiap tim bisa mengalahkan siapa saja. Akan menjadi pertanyaan besar jika tim yang jarang-jarang berkompetisi di turnamen besar ikut serta di Prancis 2016, apakah akan mengurangi nada kompetisi? Apakah akan ada pembantaian dengan skor besar, seperti di piala konfederasi? Apakah Piala Eropa masih lebih sulit dijuarai daripada Piala Dunia? Kita tunggu saja… tiga tahun lagi. :mrgreen