Apa yang paling dirinddu dari bulan Ramadhan? Satu tahun yang lalu saya sudah menulisnya di sini. Mungkin ada yang terlewat: Suasana buka bersama.

Kita tahu bahwa bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 fase: fase Ampunan (tanggal 1-10 Ramadhan), Rahmat (11-20 Ramadhan), dan Kebebsasan dari Api Neraka (20 Ramadhan sampai lebaran). Acara buka bersama biasanya ada pada fase kedua atau fase ketiga menjelang akhir. Mengapa demikian?

Acara buka bersama, atau sering disingkat bukber, adalah acara mengakhiri ibadah puasa pada waktu magrib yang diikuti minimal dua orang, dan bukan dengan keluarga sendiri atau orang yang biasa berbuka bersama kita (meski secara bahasa ‘bukber’ bisa jadi bersama keluarga sendiri). Acara seperti ini biasanya diikuti dengan makanan dan minuman yang menggoda selera, dan di tempat-tempat seperti rumah seseorang, sekolah, kantor, atau paling sering di rumah makan. Biasanya, setelah acara bukber ini kita menjadi malas untuk melakukan aktivitas seperti salat tarawih (contohnya saya juga sih :mrgreen:). Padahal bukber seringkali diadakan di fase akhir, dan seperti kita tahu juga di fase akhir pahala yang tersedia dari ibadah akan semakin banyak, meskipun ada juga yang menyelenggarakan shalat berjamaah setelah acara buka bersama.

Tetapi, selain dari ajang silaturahmi, buka bersama adalah salah satu ekspresi kerinduan kita terhadap bulan Ramadhan. Kita belum tentu bisa mencapai bulan Ramadhan berikutnya, jadi acara ini juga sebagai tanda bahwa kita akan sangat merindukan bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan pergi meninggalkan kita. Jadi, berbuka puasa bersamalah, dan nikmati atmosfer bulan ramadhan, sebelum pergi meninggalkan kita­čśÇ