images Drawing Piala Dunia sudah dilakukan pada malam sabtu lalu, dan sejak itu para manager timnas yang lolos ke Piala Dunia harus bekerja keras untuk menyusun skuat dan strategi yang akan dipakai di Brazil, apalagi jika di fase grup sudah bertemu tim unggulan.

Kita lihat saja hasil kocokan fase grup Piala Dunia 2014 Brazil, sekaligus jua peluang masing-masing grup lolos.

Grup A:
Brasil, Kroasia, Meksiko, Kamerun

Tentunya Brasil yang berstatus tuan rumah akan sangat dijagokan lolos, sementara Kroasia dan Meksiko akan saling berjibaku untuk menmani Brasil. Peluang Kamerun mungkin sangat kecil untuk lolos (tetapi peluang kecil itu bukan berarti tidak mungkin loh…)

Grup B:
Spanyol, Belanda, Cile, dan Australia

Duo Eropa akan saling sikut untuk menentukan juara pertama, tetapi Cile bisa saja menyeruak diantara keduanya (apalagi ada Sanchez yang bermain di Barcelona sehingga hafal tipikal permainan Spanyol)

Grup C:
Kolombia, Yunani, Pantai Gading, Jepang

Ini grup dengan kekuatan yang merata, jadi tidak ada yang terlalu bisa diunggulkan… Apalagi di kompetisi sebesar PD, menganggap enteng lawan adalah tindakan bunuh diri, jadi itu yang harus dicermati Kolombia untuk dapat melaju ke fase berikutnya…

Grup D:
Uruguay, Kosta Rika, Inggris, Italia

Bisa dibilang ini adalah salah satu grup maut di kompetisi ini. Tiga kekuatan merata (Uruguay, Inggris, dan Italia) harus saling berjibaku dan menghindari kesalahan, terutama saat bertemu Kosta Rika (karena biasanya kesalahan melawan tim medioker justru yang menyebabkan sebuah tim gugur)

Grup E:
Swiss, Ekuador, Prancis, Honduras

Prancis sebagai penguasa tunggal (boleh diperdebatkan) pada rup ini tidak boleh merasa tenang karena akan menghadapi Swiss (yang ironisnya peringkat FIFA-nya lebih tinggi dari Prancis sehingga menempati pot unggulan pada kompetisi ini), Ekuador, dan Honduras.

Grup F:
Argentina, Bosnia, Iran, Nigeria

Tentu saja Argentina adalah penguasa tunggal grup ini (yang ini mah tidak usah diperdebatkan yah… :mrgreen:). Tetapi masih ada Bosnia dan Nigeria yanag akan menjadi selilit bagi perjalanan Argentina di kompetisi ini. Mereka mungkin akan menjalaninya dengan mudah, tetapi tidak boleh lengah…

Grup G:
Jerman, Portugal, Ghana, Amerika Serikat

Ini adalah grup neraka lainnya (selain grup B dan D). Tidak ada jaminan Jerman dan Portugal akan menang mudah melawan Ghana dan Amerika Serikat: akhir musim lalu Jerman kalah 3-4 dari Amerika Serikat di sebuah laga persahabatan. Ghana juga tidak boleh dipandang remeh, apalagi setelah penampilan tiga tahun lalu yang impresif, dan gagal melaju hanya karena penyelamatan dengan tangan oleh Luis Suarez.

Grup H:
Belgia, Aljazair, Rusia, Korea Selatan

Ini jua grup yang susah ditakar tingkat kekuatannya, cukup merata, mungkin hanya Aljazair yang peluangnya cukup kecil, tetapi sekali lagi kecil bukan berarti tidak mungkin…πŸ˜€

Favorit Juara

Beberapa tim dipavoritkan juara di turnamen ini. Brazil tentu saja sangat berambisi menjadi yang terbaik, apalagi di kandangnya sendiri. Spanyol yang ingin meneruskan rekor kejayaan merebut berturut-turut Piala Eropa-Dunia-Eropa, serta membalaskan dendam atas Brazil yang mengalahkan mereka 3-0 pada final Piala Konfederasi (tentu saja, jika mereka bertemu). Jerman selalu menjadi spesialis turnamen, sedangkan Italia dan Belanda juga merupakan kekuatan di turnamen macam Piala Dunia. Argentina dan Uruguay tentu akan lebih beremangat bermain di benuanya sendiri. Jangan lupakan tim lain dan kuda hitam semisal Inggris, Perancis, Portugal, dan Belgia yang bisa menjadi penjegal, dan bukan tanpa peluang untuk memenangkan turnamen ini, tentu semuanya harus dengan kerja keras (apa sih yang nggak pakai kerja keras?)

Pada masa 6 bulan penantian yang panjang, mari kita tunggu pesta sepakbola dunia yang akan menghentikan sebentar detak dunia, menyedot perhatian banyak orang, menemani dan menghapus galau orang-orang, membuka peluang usaha baru (khususnya penjual jersey, atau penyedia jasa nonton bareng, atau kafe), memunculkan euforia tersendiri dan membuat setiap orang, bahkan yang negaranya tidak mengikutinya, dan bahkan yang tidak terlalu peduli tentang sepak bola, ikut menjagokan sebuah tim dan berpesta dalam gelaran akbar turnamen yang dilangsungkan tiap setengah windu sekali ini. Kita tunggu saja…πŸ˜€