Costa Rica

Piala Dunia sudah berjalan setengah putaran. Tim yang melaju ke babak gugur sudah diketahui. Di babak ini mental akan lebih menentukan hasil pertandingan. Dari semua yang lolos ke 16 besar, ada sati kontestan yang tidak pernah diduga muncul: Kosta Rika.

Serius. Tidak ada seorang pun di planet ini yang menduga Kosta Rika akan lolos dari grup yang dinilai para pengamat sebagai ‘grup neraka’ bersama tiga juara dunia sebelumnya yakni Italia, Inggris dan Uruguay. Orang yang tidak tahu sepakbola pun akan memilih Italia dan Inggris yang akan lolos dari grup maut tersebut. Dan lebih hebatnya lagi mereka merengkuh status sebagai juara grup diatas ketiga pesaingnya tersebut.

Mereka diremehkan. Tidak ada yang memprediksi mereka akan lolos, karena mereka kalah segalanya dibandingkan tiga kontestan: kualitas pemain serta pengalaman. Peluang mereka lolos itu, katakanlah seperti peluang si admin kawin dengan Luna Maya😀 Pengamat-pengamat memprediksi Kosta Rika hanya akan dijadikan ajang menabung gol bagi ketiga timnas lainnya. Tetapi mereka menjungkirbalikkan prediksi, mengalahkan uruguay 3-1, mengalahkan italia 1-0 dan menahan seri inggris 0-0 serta jadi juara grup, yang artinya menghindari Kolombia selaku juara grup sebelah.

Mereka membuktikan bahwa semangat juang tinggi serta kolektivitas tanpa takut adalah senjata ampuh untuk merengkuh kesuksesan. Mereka tidak takut dengan nama besar yang pernah menang Piala Dunia di tahun-tahun sebelumnya. Mereka memberi pelajaran bagi kita bahwa dalam situasi sesulit apa pun tidak ada yang takmungkin jika kita mau melihat kesempatan dan celah yang tersedia, sekecil apapun celah tersebut dan meski peluang mendekati nol bukan berarti tidak mungkin untuk merengkuhnya. Bagaimanapun, tim yang berjuang sepenuh hati seperti ini adalah juara di hati masyarakat netral, tak peduli siapa yang tertawa terakhir di final pada 13 juli nanti.