Tahun 2014 segera berlalu. Banyak lagu yang tenar selama tahun 2014, dan menjelang akhir tahun, banyak penikmat musik atau DJ mengkreasikan “Mashup” atau campuran beberapa lagu yang dijadikan satu, dengan bahan-bahan berupa lagu yang ngehits di tahun 2014.

Ditengah opini masyarakat yang berpendapat bahwa musik di tahun 2014 secara kualitas buruk, sebagian berpendapat bahwa itu hanya menyimpang dari tren yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya atau selera masyarakat yang berubah, usaha para pecinta musik untuk menyajikan yang terbaik tetap patut diacungi jempol. Tetapi, dari semua mashup yang disajikan di akhir tahun ini, yang manakah yang terbaik atau setidaknya yang paling tidak buruk (jika anda berpendapat musik 2014 memang buruk)? tetapi tidak ada Cita Citata – Sakitnya Tuh Disini ya!

5. Mashup 2014 “Let Go” (Best 88 Pop Songs) – #AnDyWuMUSICLAND Mashup 2014

Diurutan kelima terdapat mashup yang berisi 88 lagu, yang terbanyak dari semua nominasi kita. Kemampuan sang pembuat untuk menyajikan semua lagu dalam durasi kurang dari 8 menit patut diacungi jempol. Dan bagian paling top menurut saya adalah ketika instrumentalnya lagu Katy Perry – Unconditional. Secara lirik mashup ini juga agak nyambung (penjelasan: terkadang penyaji mashup tidak terlalu mementingkan lirik) sehingga menjadi nilai plus tersendiri.

4. DJ Earworm Mashup – United State of Pop 2014 (Do What You Wanna Do)

DJ Earworm sudah pengalaman soal urusan mashup, setiap akhir tahun dia selalu menelurkan mashup akhir tahun sejak 2009 yang diberi title United States of Pop (USPOP). Setiap musim panas juga dia menelurkan mashup yang diberi judul Summermash. Pada USPOP 2014 kali ini yang ia beri judul Do What You Wanna Do (penggalan lirik lagu Maroon 5 – Animals) sangat memperhatikan ritme, nada (kesesuaian antara instrumental dengan vokal/akapella) dan kesinambungan lirik sehingga membuatnya enak didengar. Sedikit nilai minus dari mashup ini adalah lagunya kurang banyak (hanya 25 lagu) sehingga hanya membuatnya menampati peringkat 4 chart ini.

3. PopLove 3 (2014) – ♫ 55 Songs Mashup by Robin Skouteris


Ini adalah Pop Love edisi 3 yang dibuat oleh Robin Skouteris, berarti Pop Love yang pertama dibuat pada tahun 2012. Mashup yang berisi 55 lagu ini mempunyai irama yang enak didengar dan nendang sehingga cocok dijadikan lagu pada pesta ulang tahun atau acara-acara lainnya, ditambah lagi durasinya lumayan lama (11 menit).

2. Pop Danthology 2014

Seorang legenda dalam mashup. Sudah sejak 2010 Daniel Kim membuat mashup lagu-lagu pop yang hits, yang ia beri judul Pop Danthology. Pop Danthology tahun ini berisi 66 lagu yang hits di taun 2014. Menurut pengakuannya sendiri, proses menciptakannya sangat susah dan butuh waktu hingga 180 jam! Dan seperti biasa, dari sisi musikalitas Pop Danthology tahun ini sangat bagus. Namun sayangnya, ini bukan Pop Danthology terbaiknya (edisi 2013 jauh lebih baik) sehingga, sang legenda ini hanya bisa menduduki runner-up dalam chart kami. Maaf ya, Daniel.

Dan peringkat satunya adalah…

1. Isosine – Nonstop Pop 2014 Mashup

Yap! Peringkat satu kita! Nonstop Pop 2014 dari Isosine. Yang membuat mashup satu ini unggul dari yang lainnya adalah irama yang easy listening dan aliran lagu-ke-lagu yang sangat baik. Bagaimana 42 lagu ini digabung dengan sangat baik dan teramat apik, serta dibagaian awal yang slow dengan instrumental Charli XCX – Boom Clap hingga di terakhir upbeat dengan instrumental Avicii – Hey Brother, Isosine membuat mashup terbaik di tahun ini dan menjadikan tahun 2014 sebagai tahun yang layak dikenang.

Itulah 5 mashup yang terbaik di tahhun 2014. Nantikan mashup yang lebih enak didengar tahun depan, mari kita nantikan.

Nb: jika video tidak bisa dibuka, klik link pada judul video masing-masing peringkat.